Sabtu, 08 Maret 2014

PRAKTEK LAPANGAN MESIN DAN PERALATAN PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA DAN INDUSTRI KECIL



PRAKTEK LAPANGAN
MESIN DAN PERALATAN PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA DAN INDUSTRI KECIL

OLEH
NAMA                        : HADI SUWANDRA          
NPM                           : E1G012078
PRODI                        : TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN
DOSEN                      : Ir. MEIZUL ZUKI
JUDUL                       : MESIN PERAS TEBU


LABORATORIUM TEKNOLOGI PERTANIAN
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS BENGKULU
2013

BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang Praktek Lapangan
Semakin berkembangnya suatu perekonomian, menghendaki setiap kalangan untuk melakukan sesuatu untuk mencari celah atau peluang yang mungkin bisa dijadikan sebagai sarana mata pencaharian demi untuk menghidupi keluarganya. Salah satu contoh yang bisa kita amati ialah industry dalam skala rumah tangga, beberapa kalangan yang dapat melihat peluang tersebut, mereka memanfaatkan hal tersebut dengan membangun suatu industri dalam skala mikro atau rumah tangga. Adapun alat-alat pendukungnya yaitu berupa mesin dan peralatannya sudah menunjukkan suatu alat yang canggih dan modern. Salah satunya ialah industri perasan tebu yang dijual secara keliling menggunakan gerobak dorong.
Industri perasan tebu ini cukup sangat menjanjikan untuk dijadikan usaha, dengan modal yang relatif murah dan terjangkau namun hasil yang cukup memuaskan. Keuntungan setiap penjual perasan tebu semakin untung jika adanya saat cuaca panas dan pada hari libur dan juga hari raya.
Dengan sudah menggunakan mesin pemeras tebu yang sudah modern, para penjual es tebu semakin merasa seperti dimanjakan, karena kemudahan dalam prosesnya. Meskipun dengan modal yang cukup agak mahal, namun pemakaian mesin terpakai dalam waktu yang sangat lama dan dapat meraih keuntungan yang menjanjikan.
Dengan mesin seperti ini, kami melakukan wawancara kepada salah satu penjual perasan tebu yang bertempat di taman remaja, untuk dapat mengetahui secara jelas bagaimana dalam proses penggunaan mesin peras tebu.
1.2.Tujuan Praktek Lapangan
1.      Mengetahui dan memahami penggunaan mesin dan peralatan pemeras tebu
2.      Mengetahui peran mesin dan peralatan dalam upaya pencapaian tujuan industry mikro pada alat pemeras tebu.

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
Mesin peras tebu merupakan salah satu alat yang digunakan dalam pembuatan bioetanol. Cocok bagi anda yang bergerak dibidang pembuatan bioetanol berbahan alam tebu (Indotech,2012).
Mesin pemeras tebu adalah alat manualuntuk memeras tebu.Mesin pemeras tebu bisa dimodifikasi menggunakan motor bensin ataupun solar (sudah tersedia tempat van belt). Dengan mesin pemeras tebu manual ini, anda menjadi lebih mudah untuk memulai usaha sari tebu alami, dengan modal kecil. Dengan mesin ini, anda bisa membuat minuman tebu dengan aneka variasi sajian : es tebu, sari tebu hangat, dan lainnya (Mesin Raya, 2010).
Mesin pemeras tebu memiliki struktur yang kompak dan konformasi, operasi yang sederhana, mudah dibersihkan. Mesin Pemeras Tebu baja stainless, perlindungan korosi, karat pelapisan hambatan, mengasuransikan sanitasi. Mesin pemeras tebu menghemat listrik, kebisingan rendah, efisien tinggi, dalam ukuran kecil, mudah bergerak. Mesin Pemeras Tebu memisahkan ampas secara otomatis terpisah dari mesin anda akan mendapatkan jus secara cepat dan bersih. Selain itu mesin pemeras tebu ini dapat menekan buah-buahan dan sayuran segar lainnya. Adapun spesifikasinya mesin pemeras tebu ialah sebagai berikut:
·         Volt = 220-240 V
·         Rotational Speed = 25 r/min
·         Output = 280 kg/h
·         Weight = 60 kg
·         Freq = 50-60 Hz
·         Dimension = 480 × 420 × 935 mm
·         Penggerak : Mesin Motor Bensin 5,5 PK (Mesin Raya, 2010).
Alat pemeras tebu untuk diambil sarinya/airnya terbuat dari stainlessteel sehingga sangat hygienis buatan china dengan standar iso maka kualitas jelas terjamin,fabrikan dapat digerakan dengan mesin bensin maupun elektro motor maupun manual sari tebu yang dihasilkan banyak karena kerja /roll pemeras yg didesain sangat presisi (Wati,2013).




























BAB III
HASIL DAN PEMBAHASAN
A.    Nama Alat
Nama alat yang kami amati yaitu alat pemeras tebu dengan merk Pro-Quip tipe YZ-28 dengan mesin GX-120.
B.     Spesifikasi Alat
Tipe : YZ – 28
Speed : 25 r / min
Dimensi : 400 x 590 x 1000 mm
Kaps. : 200 – 300 kg / jam
Daya : 550 Watt
Berat : 60 kg
Origin : RRC
Black Panda
Kapasitas120Kg/jam.
Material
full stainlesssteel
Memakai 3-roller, sekali giling, dijamin langsung air pada tebu habis. Permukaan roller memiliki geratan yang dapat memastikan rendemen yang tinggi - air tebu yang hasilkan, dijamin higienis.
C.     Fungsi Alat
Fungsi alat Pro-Quip tipe YZ-28 dengan mesin GX-120 yaitu sebagai pemeras tebu yang bertujuan untuk mengambil sari tebu. Selain itu, mesin ini juga berfungsi untuk melumatkan beberapa buah-buahan dan beberapa jenis sayuran.
D.    Prinsip dan Cara Kerja Alat
a.       Pencet tombol saklar engine ke tombol on.
b.      Tarik tali penghubung flywell yang berfungsi untuk memutarkan/menghidukan mesin.
c.       Atur gas pada mesin sampai mesin beroperasi secara stabil.
d.      Masukkan tebu ke dalam lobang tempat pengepresan yang telah dihubungkan dengan mesin menggunakan karet ban tebal.
e.       Biarkan tebu tergencit dan terpress sampai keluar sarinya yang di tamping di wadah penampungan yang sebelumnya sari tebu disaring melalui penyaringan.
f.       Ulangi sampai sari tebu sampai benar-benar habis dari batang tebu dan meninggalkan ampasnya.
g.      Setelah sari tebu habis dari batangnya, mesin dimatikan atau tetap dilanjutkan bila masih dibutuhkan untuk memproses pengepressan tebu.
h.      Buka kran penampung sari tebu, dan tuangkan sari tebu kedalam gelas yang telah berisi es batu.
E.     Kapasitas Kerja Alat
Kapasitas kerja dari mesin Pro-Quip tipe YZ-28 dengan mesin GX-120 ini dapat bekerja bila dioperasikan terus tanpa berhenti maka, mesin ini dapat bekerja dengan kapasitas 120kg/jam. Namun, dari hasil pengamatan kami melalui wawancara kepada narasumber, kapasitas yang mereka kerjakan masih dalam skala kecil, ini terjadi karena disesuaikan dengan kebutuhan pembeli sari tebu tersebut.
















BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
A.    Kesimpulan
a.       Mesin pro-Quip tipe YZ-28 dengan mesin GX-120 dapat beroperasi dengan kapasitas 120kg/jam.
b.      Peran mesin pro-Quip tipe YZ-28 dengan mesin GX-120 berperan sebagai alat pengepress tebu untuk diambil sarinya.
c.       Mesin ini berbahan bakar bensin, mesin ini tipe 4 tak.

B.     Saran
Sebaiknya para praktikan lebih serius dalam praktikum lapangan, memang butuh pengorbanan untuk mengetahui hal-hal tentang industri.


















DAFTAR PUSTAKA
nol/mesin-peras-tebu. 27 Desember 2013.
Mesin Raya. 2010. Mesin Pemeras Tebu MPB-01. http://www.mesinraya.co.id/mesin-pem-
eras-tebu-mpb-01.html. 27 Desember 2013.
16.htm. 27 Desember 2013.


1 komentar: